Thursday, June 19, 2008

Perpanjan SIM di Mall...

Rabu, 18 juni 2008 saya berangkat ke Polsek Kemayoran, Jakarta Pusat di dekat rumah saya, bermaksud melakukan perpanjangan SIM A dan SIM C saya yang habis pada tanggal 25 Juni nanti (wah ketauan dong ulang taun gw…hehehe)

Berangkat dari rumah jam delapan pagi, berharap mendapat antrian awal-awal dengan harapan bisa ke kantor tidak terlalu siang. Sesampainya di Polsek, jam delapan lewat limabelas menit, sudah ada sekitar 4 orang yang sepertinya juga akan memperpanjang SIM tapi….setelah melihat ke loket saya jadi agak curiga karena loket pendaftaran perpanjangan SIM masih dalam keadaan tutup. “Mati lampu pak!” ucap seorang bapak kepada saya, sepertinya bapak itu pegawai yang bekerja di loket tersebut. “Baru aja mati lampu tadi jam delapan, biasanya sih ga lama pak” tambah bapak tersebut. Saya pun memutuskan untuk menunggu lampu menyala bersama yang lainnya.

Kemudian datang seorang Polisi bernama Sudibyo yang menawarkan agar pergi ke Polsek Jakarta Utara di jalan Gorontalo, Tanjung Priok….wuiiih jauh dan juga tanggung piker saya, karena saya sudah lumayan menunggu lama disitu, jam sembilan lewat limabelas, listrik belum juga menyala…Polsek tidak punya genset pak? Tanya saya ke Pak Dibyo…dijawab, “mana ada dananya pak?” waktu itu dikirim hanya perangkat komputer dan servernya saja….
heran, kok bisa kantor Polsek yang juga merupakan lembaga pelayanan masyarakat tidak punya Genset agar pelayanan ke masyarakat dapat tetap berjalan walaupun listrik padam.

Saya menelpon sana sini untuk menanyakan lokasi Samsat keliling, dan didapat informasi kalo mobil Samsat keliling yang terdekat ada di Megamall Pluit…heemmmm lebih jauh lagi…trus saya teringat satu berita yang memberitakan bahwa Samsat membuka gerai samsat dan SIM di salah satu mall di Jakarta, namun saya lupa dimana? Akhirnya saya telpon 108 dan menanyakan, lokasi gerai samsat dan SIM tersebut, agak bingung juga si operator ditanya dimana lokasi gerai samsat dan SIM yang ada di Mall di Jakarta…hehehe, mungkin dia search dengan keyword gerai samsat dan SIM, akhirnya didapat informasi bahwa gerai samsat dan SIM ada di Mall Artha Gading…wah, alhamdulillah, lokasinya dekat nich, pikir saya, saya pun meminta nomor telponnya dan didapatlah nomor telponnya kemudian saya menelpon dan menanyakan jam bukanya, didapat info bahwa operasional gerai samsat dan SIM baru dibuka jam sepuluh sesuai operasional Mall, kemudian saya pun memutuskan untuk segera berangkat ke Mall Artha Gading, saat itu waktu sudah menunjukkan jam sepuluh kurang sepuluh menit, perkiraan saya cukup untuk sampai di MAG pas jam buka Mall. Saya pun segera bergegas dengan menaiki Yamaha Mio Soul kesayangan saya…(hehehe iklan Yamaha nich…)

Benar saja, saya tiba pukul sepuluh lebih limabelas menit, kemudian saya parkirkan Soul saya di lokasi parkir motor yang luas namun terbuka (outdoor), panas sangat menyengat saat itu dan badan berkeringat,…pikir saya, wah ganteng lagi nih gue, apalagi kan perpanjang SIM harus difoto lagi… 
Lalu saya bertanya ke security di lantai berapa Gerai Samsat, didapat jawaban ada di lantai 1 seberangnya Ace Hardware…kemudian saya pun bergegas…dan akhirnya saya tiba di lokasi, kaget juga sich…ternyata orangnya sangat banyak dan antriannya juga cukup panjang, sementara counter-counter lainnya masih tutup, counter Gerai Samsat ini sudah dikerubungi orang-orang, terlihat beberapa orang sedang mengisi formulir di luar counter gerai dikarenakan counter yang tidak terlalu luas…saya pun masuk ke counter yang pertama dimana terdapat ATM Bank DKI…saya pun bertanya ke salah satu orang yang sedang mengantri, pak kalo untuk perpanjang SIM disini juga? Lalu saya dapat jawaban, oh, bukan pak (sempet kaget, yah masalah lagi nich…) trus orang itu meneruskan jawabannya, di sebelah pak, toko sebelah hehehe toko? Maksudnya counter kali yaah….saya pun keluar lagi dari ruangan tersebut dan masuk ke ruangan sebelahnya…ternyata disini lebih nyaman, hanya ada lima orang yang sedang menunggu SIM nya jadi, saya pun masuk dan ke bagian pendaftaran, saya diberikan dua buah formulir pendaftaran perpanjangan SIM A dan SIM C kemudian saya dipersilahkan menunggu nama saya dipanggil untuk difoto, sidik jari dan tanda tangan….

Nah disini saya menunggu nama saya dipanggil lama juga yaa…., bayangin mulai dari saya mengisi formulir jam sepuluh lewat tigapuluh menit sampai nama saya dipanggil pada jam setengah duabelas siang…huuuuh satu jam!!
Tanya sana sini, kenapa bisa lama…akhirnya dapat jawaban dari petugas yang melakukan pengambilan foto, sidik jari dan tanda tangan, ternyata system komputernya mengalami gangguan, proses pengambilan foto, sidik jari dan tanda tangan sebenarnya sudah modern dimana menggunakan kamera digital, fingerprint dan signature machine yang sudah terintegrasi jadi satu….tapi…..yaahhhh….namanya trouble….capeee deeeeh….. proses untuk pembuatan dua buah SIM yang seharusnya cukup dengan sekali sidik jari dan foto, namun harus dua kali processing, artinya saya difoto dua kali dan sidik jari dua kali, hanya proses tanda tangan saja yang tidak bermasalah ….dan ternyata lima orang lainnya sebelum saya juga mengurus untuk perpanjangan dua SIM juga….iihhh…pantes aja lama bener nunggunya….

Tapi walaupun lama namun saya cukup merasa nyaman menunggu karena ruangan yang dingin ber-AC serta pemandangan di luar counter yang cukup menyejukkan mata manakala SPG-SPG mall mulai berdatangan hehehehe....lagi asyik memperhatikan salah satu pengunjung yang baru datang untuk ngurus SIM juga …nama saya dipanggil bahwa SIM saya sudah jadi, dan saya pun beranjak ke bagian pembayaran lalu petugas disitu menyebutkan nominal dua ratus ribu rupiah untuk dua SIM…saya pun membayar dan pas saya tanya, ada kwitansinya ngga pak? Hehehe…petugas tersebut sambil tersenyum, “yaa…ngga ada pak”…ya sudahlah…akhirnya saya menerima dua buah SIM A dan SIM C serta kartu asuransi yang sudah di-laminating…setelah saya cek semua dan data-datanya benar akhirnya saya pun beranjak keluar counter gerai samsat dan menuju parkiran untuk segera berangkat ke kantor…..jam satu siang saya tiba di kantor saya di kawasan Simatupang, Jakarta Selatan…alhamdulillah urusan saya selesai…namun masih ada lagi urusan lainnya yaitu perpanjangan STNK motor saya yang lain, Yamaha Jupiter (lagi-lagi Yamaha…) yang sudah habis lima tahun, harus cek fisik di Samsat pula…. hemmm kali ini rencananya, saya percayakan pengurusan perpanjangan Jupiter saya dengan biro jasa yang sudah bekerjasama dengan kantor saya….supaya saya juga tidak capek-capek….hehehehe….

No comments: